Jumat, 23 Desember 2011

Menyikapi Maraknya Aksi Copas

                                                                            peteranophus.wordpress.com
Howdy-Net - Maraknya aksi copas (copy-paste) di blog memang sedang banyak dibicarakan. Dengan melakukan copas, orang tidak perlu bersusah payah membuat artikel panjang lebar. Orang hanya perlu men-copy artikel orang dan mem-paste di blog sendiri. Bagi kebanyakan orang, aksi copas ini dianggap merugikan bagi blogger yang sudah susah payah menulis artikel. Tapi, tidak selamanya blogger korban copas merasa dirugikan, justru tidak masalah dengan aksi tersebut.

Aksi copas memang masih marak di dunia blogging, sebagai blogger, saya juga telah mengalami hal seperti ini. Bagaimana kita seharusnya menyikapi maraknya aksi copas?

Saran dari saya pribadi untuk para blogger, jangan biasakan mengambil hasil karya orang tanpa seizin orang yang bersangkutan. Boleh-boleh saja kalau kita mencari artikel orang lain untuk sekedar mencari referensi untuk menulis. Biasakan tuangkan pikiran sendiri untuk membuat hasil karya, hal itu akan membuat kita lebih kritis dan inspiratif.

Aksi copas memang merugikan blogger korban copas. Tapi tidak semua blogger korban copas merasa dirugikan, justru tidak memperdulikan hal itu atau justru senang hasil karyanya dicopas orang lain. Bagi blogger korban copas, teruslah berkarya dengan tulisan-tulisan anda. Selama kita menulis hasil karya yang di dalamnya bermanfaat bagi orang banyak selama itu pula kita mengambil bagian dalam memanfaatkan bidang infomasi dan komunikasi.

Lagipula jika kita menjadi korban copas, berarti menunjukkan hasil karya kita dapat diterima oleh orang lain, semakin banyak dicopas, semakin banyak pula orang yang menerima hasil karya kita asalkan hasil karya kita adalah hasil karya yang positif.

Walaupun demikian, bukan berarti pelaku copas bisa leluasa copas sana-sini. Daripada copas, lebih baik kita buat sendiri karya kita yang berguna bagi orang lain.

Artikel Terkait:

    9 komentar:

    1. tapi kadang jengkel juga sih.....

      BalasHapus
    2. Aku juga sering copas, tapi bukan berarti aku g punya tulisan sendiri. Alhamdulillah. Walau pun aksi copas ini sering aku lakukan, tapi Insya Allah sumber akan selalu dimunculkan

      BalasHapus
    3. hehehe .. betul sob copay kadang merugikan kadang juga menguntungkan, serba ada positif dan negatif ;)

      follow sukses ya ...

      BalasHapus
    4. Kalo karya kita di copas, setidaknya ada satu orang yang menganggap karya kita itu bagus, sehingga dia mau mencopasnya.

      BalasHapus
    5. sip dah.. minimal kasih sumber lah kalo copas..

      BalasHapus
    6. Being positip not positip. . Aw aw aw aw aw aw aw

      BalasHapus
    7. copas tak hanya di dunia blogging, di dunia pendidikan pun banyak. contohnya copas laporan penelitian. kayaknya g ada ide lain gitu.

      BalasHapus
    8. Copy paste, duh nyesek rasanya kalo artikel dicopy paste dan diklaim karya si blogger copypaste :.

      BalasHapus

    Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

    You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya