Minggu, 25 September 2011

Hemat Dengan Buku Sekolah Elektronik

Buku sudah menjadi kebutuhan utama untuk seorang pelajar di sekolah. Salah satu permasalahan bagi pelajar saat ini adalah harga buku yang relatif mahal bagi segelintir pelajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia membeli hak cipta buku pelajaran dari penulis/penerbit dan menghadirkan buku tersebut dalam bentuk elektronik-book (e-book) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia melalui situs resminya mengatakan BSE mempunyai visi dan misi untuk menyediakan buku sekolah yang memenuhi standar, bermutu, murah dan mudah diperoleh. 
Dengan adanya BSE diharapkan siswa bisa memperoleh sumber belajar alternatif yang murah seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. BSE dapat didownload dengan gratis oleh siapa saja melalui situs http://bse.kemdiknas.go.id/ . Untuk mendownload BSE sangat mudah. Masih kesulitan mendownload? Berikut petunjuk singkat untuk download BSE  (Buku Sekolah Elektronik)

1. Buka situs berikut ini http://bse.kemdiknas.go.id/ 
2. Untuk mendownload, anda perlu memiliki akun terlebih dahulu. Jika belum memiliki, anda harus melakukan     registrasi terlebih dahulu. Klik pada Buat Akun Baru pada kotak log in di sebelah pojok kiri atas
3. Kemudian isikan identitas anda dengan lengkap dan klik simpan.
4. Jika proses registrasi berhasil, silahkan langsung log in dan pilih BSE yang akan anda download

BSE memiliki beberapa keunggulan bagi banyak pihak. BSE memberikan peluang bisnis untuk diperdagangkan  tanpa prosedur perijinan, dan bebas biaya royalti sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan menteri. Harga BSE pun dipatok relatif murah pada Harga Eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional. BSE tersebut bebas digandakan atau diperbanyak ataupun mengalihmediakannya tanpa melanggar UU Hak Cipta.

Total buku BSE saat ini adalah 927 buku, terdiri dari 291 buku SD,154 buku SMP, 276 buku SMA, 204 buku SMK, dan 2 buku bahasa yang siap didownload.  Penulis blog ini pun mengakui dengan adanya BSE ini memudahkan penulis blog untuk mencari referensi alternatif saat proses pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Jadi, sumber belajar pun bertambah dengan adanya BSE ini. 


Ayo Ikuti Howdy Indonesia di Facebook



3 komentar:

  1. BSE lebih murah itu hanya omomg kosong aja, lebih murah bagi yang punya fasilitas seperangkat komputer dan internaet di rumahnya, tapi bagi mereka yang tidak mampu harus ke warnet kurang lebih biaya rental warnet plus print perbuku sekitar 30 ribu, bila buku yang di cetak anatar harga 20 s .d 40 ribu hanya beda sedikit pengaruhnya tidak signifikan

    BalasHapus
  2. makasi infonya sya cba dlu mmpung grtis :D
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  3. memang benar pak asaz, tapi siswa bisa menggunakan akses internet yang sudah disediakan di sekolah lengkap dengan komputernya dengan gratis, sedangkan untuk print, siswa tidak harus print out seluruh buku, lagipula harga buku BSE yang sudah dicetak juga beredar di pasaran bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dengan buku lain karena pemerintah sudah mematok harga eceran tertinggi untuk setiap buku. Jadi, siswa tidak harus mengeluarkan biaya untuk mengeprint sendiri.

    Intinya, ada 2 cara untuk mendapatkan Buku Sekolah Elektronik:
    1. Siswa bisa mendownload langsung lewat internet
    2. Bagi siswa yang kesulitan dalam fasilitas seperti komputer dan akses internet, mereka bisa membeli langsung BSE yang sudah dalam bentuk cetakan yang beredar di pasaran dengan harga yang lebih murah dari buku lain

    BalasHapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya