Sabtu, 08 Oktober 2011

Mari Biasakan Internet Sehat

Howdy-Net - Siapa tak tahu internet? hampir setiap orang pernah mengakses internet.Hampir setiap rumah memiliki koneksi internet. Warung internet pun tersebar dimana-dimana. Bahkan, pada tahun 2010 lalu pengguna internet di Indonesia mencapai 45 juta pengguna. Persoalannya, apa saja sih yang diakses oleh pengguna internet tersebut?
Ada sebuah kalimat “Internet for freedom”. Internet menyediakan kebebasan penggunanya untuk mengakses hal-hal yang diinginkan. Lalu bagaimana jika kebebasan tersebut mengarah ke hal-hal yang tidak sehat?

Internet memang menyediakan konten yang bermanfaat bagi penggunanya sekaligus menyediakan konten yang tidak sehat bagi penggunanya seperti pornografi dan kekerasan. Hal ini tentu berbahaya jika anak-anak atau remaja mengakses konten-konten seperti ini. Lalu bagaimana cara kita untuk memanfaatkan internet dengan benar?



1. Internet adalah gudang ilmu, manfaatkanlah internet untuk mengembangkan pengetahuan kita dengan bijaksana. Kembangkan sifat keingintahuan kita.

2. Jadikanlah internet sebagai pengganti koran atau majalah cetak. Kita bisa mengakses berita-berita terkini melalui situs berita yang tersedia banyak di internet.

3. Carilah artikel-artikel di internet, kalau perlu print out artikel tersebut

4. Jika anda memiliki blog, manfaatkanlah blog tersebut dengan sebaik-baiknya. Kita bisa saling bertukar informasi, ilmu dan pengalaman dengan pengunjung blog dengan sharing satu sama lain.

5. Bergabunglah dengan forum online di internet, hal ini dapat membuat kita bersifat kritis pada suatu permasalahan.

6. Bagi para orangtua yang akan memasang internet di rumah, letakkanlah personal computer di ruang yang memungkinkan orangtua bisa memantau putera-puterinya mengakses internet, bisa di ruang keluarga. Jangan letakkan personal computer di kamar pribadi untuk pengawasan lebih baik. Jika tidak keberatan, dampingilah putera-puteri anda saat mengakses internet

Adakah tips lain dari rekan-rekan sekalian untuk membiasakan internet sehat? mari share disini

Ayo Ikuti Howdy Indonesia di Facebook 



1 komentar:

  1. “sehat” malah sebagian orang melihat konten “parno” adalah aktivitas yang sehat seperti salah satu anggota dpr yang udah mengundurkan diri wehehehehehe….

    BalasHapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya