Sabtu, 31 Desember 2011

Kalau Saya Jadi Anggota DPR Saya Ingin.....





Menjadi anggota DPR RI jelas membutuhkan kemampuan dan tanggungjawab yang besar. Baik kepada negara, maupun kepada rakyat yang telah mempercayakan amanahnya kepada mereka. Kalau saya ditanya "Apa yang kamu lakukan kalau menjadi anggota DPR RI? Mungkin di 2014 nanti, atau 2019? atau 2024? Mungkin saja. Berikut ini jawaban saya.









Mendorong pemerintah pusat untuk lebih  memperhatikan masalah-masalah di daerah


Memang sudah tugas anggota DPR RI untuk memperhatikan hal-hal yang menyangkut daerah, tak terkecuali memperhatikan masalah-masalah di daerah. Memang benar kalau Indonesia menerapkan sistem otonomi daerah, tapi hal itu bukan berarti pemerintah pusat tidak menghiraukan apa yang terjadi di daerah. Tapi, saya prihatin dengan kondisi belakangan ini tentang pemberitaan media seperti kerusuhan di Bima dan konflik di Papua. Sudah seharusnya pemerintah pusat lebih memperhatikan mereka di daerah. Hubungan yang baik antara pemerintah pusat dan daerah akan menciptakan ketentraman dan kedamaian. Sebaliknya, hubungan antara pemerintah pusat dan daerah yang kurang baik akan menimbulkan konflik dan pertikaian di daerah.


Memperjuangkan aspirasi-aspirasi rakyat agar cepat terealisasi

"Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat". Anak SD pasti sudah tahu kalimat itu. Ya, demokrasi. Anggota DPR RI sejatinya hanya rakyat biasa, hanya saja mereka dipercayai oleh rakyat untuk mewakili kepentingan rakyat di pusat. Jadi, kalau saya jadi anggota DPR RI saya perlu belajar dulu, Kenapa lembaga ini dibentuk dan untuk apa lembaga ini dibentuk? Sudahkah wakil-wakil saya di DPR RI memikirkan itu? saya percaya sudah.

Sudah sepantasnya aspirasi-aspirasi rakyat di daerah diperjuangkan. Sebelumnya mari kita baca cerita berikut ini.

Rakyat: "Pak, saya mau memberikan aspirasi!
Pejabat: "O, silahkan....

Rakyat: "Jalan di desa kami sudah rusak parah, pak. Tolong segera direnovasi"

Pejabat: "O ya? Baiklah, berhubung kami sedang sibuk, aspirasi anda kami tampung terlebih dahulu

Setahun Kemudian

Rakyat: "Pak, kok jalan desa kami belum juga direnovasi??

Pejabat: "Sabar dulu ya, pak. kami masih sibuk"

Dua tahun kemudian

Rakyat: "lama-lama gua frustasi nih, jalan udah rusak parah nggak juga direnovasi. Kita demo aja rame-rame!!!! 



dan ujung-ujungnya... Bentrok!!


Dari dialog di atas kita bisa menyimpulkan bahwa kepekaan anggota DPR RI dalam hal ini, sangat penting untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat agar tidak menimbulkan konflik seperti belakangan ini.


Pada awal saya membuka situs resmi DPR RI saya sempat melihat sebuah video tentang anggota DPR RI yang sedang berkunjung ke daerah dan berdiskusi dengan masyarakat untuk mendengarkan aspirasi dari mereka. Hal itu sangat positif dan semoga bukan hanya saat diliputa di video saja.

Mungkin itu saja apa yang ingin saya sampaikan kalau saya jadi anggota DPR RI, nggak usah panjang lebar, ntar dikira kampanye terselubung. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam buat pak Marzuki Ali dan semua anggota DPR RI, maju terus pantang mundur.

1 komentar:

  1. Setujuu dengan ini ---->Mendorong pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan masalah-masalah di daerah

    BalasHapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya