Jumat, 30 Mei 2014

Kenapa Harus Inggris?

Awalnya saya sempat tidak percaya dengan adanya lomba blog berhadiah jalan-jalan ke Inggris selama 4 hari yang diadakan oleh Mister Potato dan Smaxville ini.. "Ngemil eksis pergi ke Inggris", dari judulnya saja sudah kelihatan bagaimana lomba ini membuat orang menelan ludah (termasuk saya) ketika mengetahui hadiah yang ditawarkan. Amazing trip to UK! Siapa yang menolak pergi ke Inggris selama 4 hari mengunjungi 7 ikon Inggris dan 7 stadion sepakbola legendaris ditambah uang saku? Sebuah kesempatan besar tentunya! Lantas, mengapa harus Inggris? Mengapa bukan negara lain seperti Amerika? Spanyol? Jepang? atau pun Prancis? Jika pertanyaan tersebut anda ajukan pada saya, maka saya sudah punya alasan untuk itu. Dari sekian banyak alasan, setidaknya saya punya 3 alasan utama kenapa saya ingin mengunjungi negerinya Ratu Elizabeth II ini.

Home of Football

Sepakbola, siapa yang tidak tahu olahraga paling populer sejagad raya ini. Berbicara tentang Inggris adalah berbicara tentang keindahan olahraga yang identik dengan kaum pria ini lahir dan menjadi salah satu identitas Inggris sebagai negara sepakbola. Inggris adalah rumahnya sepakbola, jauh sebelum saya lahir dan tentunya juga jauh sebelum bapak saya lahir Inggris sudah memperkenalkan olahraga ini tepatnya tahun 1857 (buyut gue juga belum lahir kali), 24 Oktober 1857, Nathaniel Creswick dam William Prest merancang sebuah peraturan permainan sepakbola sekaligus mendirikan klub sepakbola pertama di dunia, Sheffield Football Club yang berbasis di Yorksire, Inggris.

Sheffield Football Club, klub sepakbola tertua di dunia yang didirikan pada Oktober 1857 yang masih eksis hingga kini. Football begins here! (1857-football.com)
Sejarah pun dimulai. Lebih dari satu setengah abad kini sudah berlalu. Inggris kini bisa dibilang kiblatnya sepakbola dari seluruh dunia. Dengan kurang lebih 115 stadion sepakbola, megahnya kompetisi English Premier League hingga status sebagai salah satu negara pengekspor terbanyak pemain internasional membuktikan betapa majunya olahraga ini di negeri tersebut. Bukan tanpa alasan jika banyak orang termasuk saya sendiri mengimpikan bisa duduk di salah satu bangku Stadion Anfield, Old Traford, Stamford Bridge ataupun Wembley Stadium yang selama ini hanya dapat dilihat melalui siaran televisi bagi sebagian orang. Jadi, tidak heran jika Mister Potato mengadakan blog contest menulis tentang Inggris ini.

"FYI, pertandingan derby (pertandingan yang mempertemukan dua klub sekota) pertama dalam sejarah sepakbola terjadi pada tahun 1860, ketika dua klub sepakbola tertua di dunia Sheffield FC berhadapan dengan klub sekota dari South Yorksire, Hallam FC" 

Kembali ke Indonesia. Kita tidak bisa mempungkiri bawah Indonesia sendiri merupakan negara sepakbola. Kendati prestasi persepakbolaan Indonesia masih saja minim gelar, olahraga ini begitu merakyat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka dari itu, saya berani bertaruh para blogger yang ikut blog contest ini (termasuk saya) akan memasukkan hingar bingar sepakbola Inggris sebagai alasan mengapa ia ingin menginjakkan kaki di negaranya David Bechkam tersebut. dalam tulisannya.

Kerajaan Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang tergabung dalam United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau yang lebih dikenal dengan Britani Raya ini adalah negara di dunia yang hingga kini masih menerapkan sistem pemerintahan monarki. Ratu Elizabeth II adalah ratu dari 16 negara persemakmuran Inggris yang kini bertahta.

Saya tidak akan membahas secara mendalam mengenai sejarah kerajaan ini terbentuk ratusan tahun yang lalu. Berbicara mengenai kerajaan Inggris saya langsung teringat salah satu kegiatan kerajaan Inggris beberapa tahun yang lalu. Pernikahan pewaris tahta Inggris Pangeran William dan Kate Middleton pada April 2011 yang bertajuk Royal Wedding of United Kingdom bukan hanya menarik perhatian dunia melainkan semakin menarik simpati saya terhadap Inggris. Mengutip dari Wikipedia, kurang lebih dua milyar orang menyaksikan pernikahan ini dari seluruh dunia. Seiring berkembangnya jaman, melalui hajatan besar ini, bagi saya Inggris telah membuktikan keeksisan sebagai negara kerajaan dengan memegang erat tradisi kerajaan hingga kini.

Sampai ada yang rela nyebur di kolam! Ribuan rakyat Inggris berkumpul di sekitaran Queen Victoria Memorial  menunggu Pangeran William dan istrinya Kate muncul di balkon Istana Buckingham setelah pernikahan mereka di Westminster Abbey (AP Photo / Oli Scarff, Pool).
Benar-benar hajatan besar rakyat Inggris, puluhan ribu orang rela berdesak-desakan berkumpul di sekitaran Istana Buckingham hanya untuk melihat secara langsung calon pemimpin mereka di masa depan bersama istri barunya. Lebih dari 1.300 personel Royal Navy (pasukan keamanan kerajaan) dilibatkan, ribuan bendera Inggris pun dipasang menghiasi sepanjang jalanan kota London. Memang, momen Royal Wedding seperti ini hanya terjadi sesekali bila ada anggota kerajaan yang akan menikah. Bagi saya, hiruk pikuk kerajaan Inggris dan rakyatnya merupakan daya tarik orang-orang dari luar negeri untuk berkunjung ke Inggris (dan lagi-lagi termasuk saya).

Arsitektur memesona!

Take me here Mister Potato! (shedexpedition.com)
Westminter Abbey, Big Ben, Sungai Thames, The Tower Bridge hingga Istana Buckhingham dan bangunan-bangunan indah pencakar langit adalah identitas keindahan Inggris. Hanya dengan menulisnya saja, saya sudah bisa membayangkan berdiri di atas London Eye, sebuah roda besar yang memungkinan kita untuk melihat 360 derajat pemandangan Kota London di atas ketinggian 135 meter. Ah, siapa yang tidak mau!

"Bandara London Heathrow adalah bandara paling sibuk ketiga di dunia dengan 72,3 juta penumpang per tahun versi media Airport Council International (Februari 2014)", kali aja kalau saya terpilih terbang ke Inggris, bisa mendarat di bandara ini ya hehehe.. 

Inggris adalah negara penuh warna. Berbicara mengenai arsitektur Inggris tidak akan terpisahkan dari Kota London. Walaupun saya baru bisa menikmati kota ini sebatas dari tulisan dan gambar, saya dan begitu pula orang lain pasti akan tertakjub-takjub melihat bagunan-bangunan indah yang berdiri berjajar di tepi sungai Thames. London adalah salah satu kota termaju di dunia, meski demikian identitas kota yang pernah bernama Londinium pada era Kerajaan Romawi ini tidak hilang begitu saja. Perpaduan sejarah dan modernitas sangat terlihat jelas pada bangunan-bangunan indah yang membuat siapa saja ingin mengunjunginya.

Itulah 3 alasan utama saya kenapa ingin berkunjung ke Inggris. Jika ada seribu jalan menuju Roma, saya pikir ada seribu satu jalan menuju Inggris. Dan satu jalan tersebut adalah "Ngemil eksis pergi ke Inggris".  Semoga bermanfaat. Thanks Mister Potato!

Didepan layar!


Referensi:
http://www.smh.com.au/lifestyle/royal-wedding/photo-gallery
http://photos.oregonlive.com/photo-essay/2011/04/royal_wedding_best_photos_of_t.html
http://www.1857-football.com

2 komentar:

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya