Sabtu, 07 Juni 2014

Serunya Rangkaian Acara "Kulonprogo Day 2014"

Ada event seru yang baru saja digelar Pemda Kulonprogo bekerjasama dengan Museum Benteng Vredenburg Yogyakarta dan Bank Indonesia tanggal 1-5 Juni 2014 ini di komplek Pemda Kulonprogo. Kulonprogo Day 2014! Event ini memang baru digelar pertama kali tahun ini, rangkaian acara dari funbike, pameran UKM, talkshow, hingga wayangan semalam suntuk ini dipusatkan di sekitaran pemkab Kulonprogo dan Alun-alun Wates.

Sebuah gebrakan dan trobosan baru Bupati Hasto Wardoyo bersama jajaran pemkab Kulonprogo, acara yang mengambil tema "Enterpreneur & Investment" ini digelar sebagai ajang promosi potensi sumber daya daerah Kabupaten Kulonprogo kepada calon investor/ pengusaha terlebih mempersiapkan diri untuk masa depan mega proyek Kulonprogo.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo pada 1 Juni lalu. Dibuka dengan acara funbike yang start dan finish di komplek pemkab, ekspresi semangat Kulonprogo sebagai kota sepeda. Bekerja sama dengan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, acara ini juga dimeriahkan dengan adanya Pameran Jejak Perjuangan di Kulonprogo yang bertempat di Gedung Kaca komplek pemkab Kulonprogo. Sejarah bagaimana kabupaten ini terbentuk, benda-benda peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Kulonprogo, hingga pemutaran film dokumenter sejarah di pameran ini pun ramai dikunjungi masyarakat yang kebanyakan adalah pelajar. 

Ayo belajar sejarah! Anak-anak SD ini terlihat bersemangat mengunjungi pameran jejak sejarah Kulonprogo di acara "Kulonprogo Day 2014"

Tetap Gelorakan Bela-beli Kulonprogo

Begitu masuk, kami disambut deretan stand-stand yang menjajakan produk-produk lokal buatan Kulonprogo. Berbagai kerajinan unik, kain batik, hingga makanan khas Kulonprogo yang juga tidak kalah saing tentunya dijajakan disini. Banyaknya produk lokal yang dijual di pameran UKM ini seakan kembali menegaskan gerakan "Bela-Beli Kulonprogo" yang dicanangkan tahun lalu itu bukanlah isapan jempol belaka.

Acara talkshow yang digelar pada siang itu pun sengaja mengambil tema kewirausahaan. Dipandu langsung presenter kawakan Andy F. Noya. Saya sengaja datang lebih awal, terlambat sedikit saja pasti tidak kebagian tempat duduk. Benar saja, hampir lima ratusan orang menghadiri talkshow ini. Padahal ruangannya sendiri hanya menyediakan sekitar tiga ratus tempat duduk. Sambutan Bupati Hasto Wardoyo adalah salah satu hal yang saya tunggu-tunggu dalam talkshow ini. Karismatik, optimistis, menebar harapan. Kata-kata bupati membuat saya beberapa kali menganggukan kepala. Semangat "Bela-beli Kulonprogo" yang ia gelorakan sejak hampir dua tahun yang lalu masih ia tularkan kepada semua yang hadir di ruangan itu. 

"Belum lama ini, Kabupaten Kulonprogo meraih penghargaan kabupaten dengan kinerja terbaik nasional 2014, buah manis inovasi-inovasi kebijakan pemerintah di bawah pimpinan bupati yang juga dokter kandungan tersebut. Kata siapa kita tidak bisa?"

Bu Bupati, Pak Bupati, Pak Calon Bupati. Yoih!!!
3 orang narasumber sengaja diundang untuk berbagi cerita bersama semua yang hadir pada acara talkshow tersebut. Kegigihan Bu Painah, seorang ibu 46 tahun penderes kelapa asal Kokap yang tiap hari 100 kali naik turun pohon kelapa, dilanjutkan semangat wirausahawan gula semut asli Kulonprogo yang telah diekspor ke luar negeri, hingga kepercayaan diri seorang Masril Koto, petani asal Sumatera Utara yang jauh-jauh datang ke Kulonprogo untuk berbagi cerita tentang kesuksesannya mendirikan bank tani beromzet 250 milyar rupiah menjadi pembicaraan kami selama hampir 3 jam bersama Andy Noya.

Dimana ada Andy Noya, disana ada buku gratis. Bukan cuma itu, melalui acara ini digelar pembagian sepatu dan bola gratis kepada ratusan anak-anak di Kulonprogo dari donatur. Sering-sering ajadeh acara kaya gini!
Sudah selesai disini? Belum. Kulonprogo Day 2014 masih berlangsung hingga malam di hari terakhir ini. Kini acara dipusatkan di Alun-alun Wates. Rangkaian acara Kulonprogo Day ditutup dengan pagelaran wayang dengan dalang Ki Rusmadi. Dengan bintang tamu Yu Beruk, Dalijo dan Den Baguse Ngarso menambah meriah hiburan gratis bagi masyarakat Kulonprogo ini.


"Apa sih asiknya?" Yang jelas program pemkab yang dalam hal ini "Bela-Beli Kulonprogo" wajib banget didukung masyarakat siapapun kamu dimanapun kamu. Kita jadi tahu produk lokal Kulonprogo melalui pameran UKM, kita jadi nggak lupa sama sejarah sendiri melalui Pameran Jejak Sejarah Kulonprogo, kita tetap nguri-uri budaya lewat wayang, kita pun jadi lebih siap dengan tantangan ke depan sebagai warga Kulonprogo. Ah, paket lengkap, gratis lagi!

2 komentar:

  1. wah mantap mas acaranya ketemu pak andy juga josh dah kulonprogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mas monggo travelling ke kulonprogo mas hehe

      Hapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya