Kamis, 13 Desember 2012

Earth Hour 2013, Aksi Kecil untuk Perubahan Besar

                                                                                                                                              facebook.com/EHindonesia
Hot Topic - Perubahan iklim telah menjadi isu global, terutama keterbatasan energi. WWF (World Wildlife Fund) kembali akan menggelar kampanye tahunan Earth Hour serentak di seluruh dunia.

Jangan Lupa Like Halaman Kami di Facebook, Klik Disini!

Dilansir dari situs Earth Hour Indonesia, Earth Hour tahun 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2013 pukul 20.30 hingga 21.30. Acara ini akan menjadi yang ke 4 kalinya sejak awal Earth Hour diadakan.  Negara yang ambil bagian pada Earth Hour meningkat dari tahun ke tahun. Pada awal diselenggarakannya Earth Hour  pada tahun 2008, 35 negara ikut berpartisipasi untuk mematikan lampu dan alat elektronik lainnya selama satu jam. Tahun lalu, 18 kota di Indonesia dan lebih dari 135 negara di dunia ikut berpartisipasi sebagai petisi global untuk hemat energi.
Jangan salah, Earth Hour bukan hanya identitk dengan mematikan lampu. Ada banyak cara untuk turut berpartisipasi dalam upaya penghematan energi. Sekecil apapun tindakan itu akan membawa dampak positif bagi kelangsungan hidup pada waktu mendatang. Lantas hal kecil apa saja yang dapat kita lakukan untuk berpartisipasi dalam penghematan energi? Setelah melihat video di bawah ini kita akan sadar, sebuah aksi kecil dapat membuat perubahan besar.




Matikan lampu dan alat elektronik lainnya yang tidak perlu, berjalan kaki ke kantor, naik angkutan umum, merawat tanaman, bersepeda agar lebih hemat, membawa botol minum sendiri, membeli produk lokal, mengurangi kantong plastik dan sterofoam. Itulah beberapa tindakan kecil yang dapat kita lakukan untuk berhemat energi. Jadi, tunggu apa lagi?

Percayalah, sebuah pepatah yang mengatakan bahwa "perubahan besar diawali dari tindakan kecil" bukanlah isapan jempol belaka. Kita akan membuktikannya. Ini aksiku, mana aksimu?! (Yusuf Harfi)

Artikel Sebelumnya:

6 komentar:

  1. jadi keinget momen earth hour taun lalu di jogja. sukses untuk tahun depan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. share ke yang lain ya. kita jadikan gaya hidup hemat energi!

      Hapus
  2. Earth hour gak cocok di Indonesia, secara PLN slalu byar pett, pastinya kita dah hemat listrik lebih banyak daripada negara lain, dasar PLN gaktau diri, malah gembar gembor Earth Hour. Di Indonesia, Jakarta utamanya yg cocok earth day, heh, yaitu seharian mengekang diri dari membuang sampah sembarangan dan bagi yg sudah terbiasa disiplin, meningkat menjadi memilah sampah, dibuang dan daur ulang, boleh juga kalo disertai dengan menghemat pemakaian bbm dan air, gitu gan menurut ane. Peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih opininya. alangkah baiknya jika kita tdk menyalahkan pihak ini pihak itu, hemat energi tdk selalu hanya soal mematikan lampu. byk sekali caranya. dan itu harus didukung semua orang termasuk kita, orang Indonesia.

      Hapus
  3. halo kak, terima kasih atas tulisannya tentang Earth Hour. Sebagai wujud apresiasi, kami siapkan souvenir untuk 50 orang pertama yang repost artikel ini ke blog kami earthour.wwf.or.id/blog.php, jangan lupa cantumkan alamat email ya kak.

    terima kasih
    Salam KolaborAKSI

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku barusan submit kak. makasih infonya. belum telat kan? hehe

      Hapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya