Akhir Pekan di Waduk Sermo



Howdy-Travel - Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kulon Progo. Waduk ini adalah satu-satunya waduk yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berlokasi di Kecamatan Kokap, kurang lebih 8 km barat Kota Wates, ibukota Kabupaten Kulon Progo, menawarkan panorama yang indah di sekitar waduk yang dikelilingi perbukitan.
Waduk ini memiliki banyak potensial sebagai kawasan wisata, bagi wisatawan yang hobi memancing, waduk ini adalah tempat favorit pengunjung untuk memancing. Di kawasan waduk ini juga terdapat hutan negara yang dimanfaatkan sebagai hutan produksi yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi DIY. 29 jenis tanaman tumbuh di hutan ini.





Minggu, 20 November 2011 lalu, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke waduk yang merupakan wisata unggulan Kabupaten Kulon Progo. Dengan menggunakan motor, kurang lebih menghabiskan waktu 15 menit dari Kota Wates. Akses jalan menuju Waduk Sermo mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk memasuki kawasan Waduk Sermo pengunjung diwajibkan membayar retribusi masuk sebesar Rp 2000,00. Sedangkan untuk memasuki kawasan suaka margasatwa Sermo, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

Fasilitas yang dimiliki kawasan wisata ini pun cukup memadai. Kawasan ini menyediakan berbagai fasilitas seperti Wisma Sermo Asri, gedung pertemuan, pos penjagaan, dan tersedia banyak warung-warung makanan di sepanjang jalan di kawasan waduk. Selain itu, kawasan ini menyediakan fasilitas bumi perkemahan Sermo

Saat saya memasuki kawasan Waduk Sermo, terlihat banyak pengunjung yang sedang berkumpul di area tersebut. Beruntung, pada hari itu sedang diadakan even Festival Perahu Naga Se-DIY dan Jawa Tengah. Acara ini diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi DIY yang diikuti 20 peserta dari DIY dan Jawa Tengah. Klik disini untuk melihat kemeriahan Festival Perahu Naga

Acara ini juga dimeriahkan oleh kesenian jathilan dan senam tera Indonesia sebelum acara dimulai. Acara ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Waduk Sermo serta menjadi ajang promosi wisata di Kabupaten Kulon Progo.

Panorama Waduk Sermo



Comments

  1. saya dulu pernah kesini tapi dah lama bgt...

    ReplyDelete
  2. Indonesia kaya raya.
    inilah negeriku.

    salam.

    ReplyDelete
  3. wah ternyata ini to tanggal 20 kemarin, sempat berencana berangkat ke sermo, tapi minggu ada nikahan...
    potone keren mas, liat poto ini saja suda sedikit mewakili... :D

    ReplyDelete
  4. nice info sodara...,
    wkt q masih SD kelas 4, q pernah maen ke waduk sermo....
    msh blum bnyk yg berubah yaaa


    komment balik yaaa
    n follow jg yaa

    ReplyDelete
  5. cocok nih untuk backpacker mania :)

    ReplyDelete
  6. wah seru banget nih tempatnya,.
    tahun depan bisa nih jalan2 kesini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

Kamu adalah apa yang kamu tulis! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari budayakan berkomentar baik di internet.