Sabtu, 17 Desember 2011

Fakta Mencengangkan Dibalik Rekor Indonesia

Howdy-National - "Siapa yang tidak tahu, Indonesia menyimpang sejuta keunikan di dalamnya yang membuat Indonesia terkenal seantero jagad raya. Negara ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, dan kekayaan budaya yang tiada tara. Kita boleh saja bangga akan hal tersebut,  namun kita juga perlu mengetahui dan belajar dari kenyataan di balik keunikan-keunikan tersebut."

Apa benar Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia?

Indonesia adalah nagara kepulauan. Indonesia memiliki kurang lebih 17.000 pulau yang tersebar di seluruh nusantara. Di dalamnya terdapat tiga pulau terbesar di dunia, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Ya, negara Indonesia adalah negara yang besar, tapi pernahkan kita berpikir bagaimana agar kita dapat menjaga keutuhan wilayah NKRI? Mari kita lihat realita yang terjadi saat ini, pada tahun 2002 Indonesia kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan yang jatuh ke tangan Malaysia. Belum lama ini pula, mencuat kabar Malaysia mencaplok wilayah Camar Bulan di Kalimantan Barat. Bagaimana sikap pemerintah kita? Ya, Pemerintah Indonesia terkesan sangat lambat dalam menangani masalah perbatasan wilayah. 

Apa benar Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia?


Selain sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan negara maritim terbesar di dunia. Indonesia memiliki luas perairan seluas 93.000 km² dan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau sekitar 25% garis pantai di dunia. Bayangkan saja, dengan luas perairan yang sangat luas tersebut, Indonesia dapat mengambil kekayaan laut di dalamnya yang sangat melimpah. Indonesia adalah penghasil rumput laut terbesar di dunia. Walaupun demikian, Indonesia belum menjadi jawaranya penghasil ikan terbesar di dunia yang kini dipegang China. Ironisnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka kran impor ikan, alasannya untuk mendukung industri. Hal ini jelas-jelas merugikan bagi nelayan karena ikan lokal akan merosot tajam. Masalah belum berhenti disitu, maraknya pencurian ikan oleh nelayan asing masih saja kerap terjadi, disini peran pemerintah sangat dibutuhkan. Kalau begitu, apakah Indonesia masih layak disebut negara maritim?


Apa benar Indonesia memiliki terumbu karang terbesar di dunia?


Tahukah anda, Indonesia memiliki 15% dari jumlah terumbu karang di dunia? Indonesia adalah negara yag memiliki terumbu karang terbesar di dunia. Luas terumbu karang di Indonesia mencapai lebih dari 60.000 km. Tapi tahukan pula anda jika terumbu karang yang berada di perairan Indonesia, 32 persennya terindikasi mengalami kerusakan serius? Data dari LIPI menyebutkan bahwa 6% terumbu karang berkondisi sangat baik, 26% baik, 36% cukup dan 32% rusak. Ironis bukan?


Apa benar Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia?


Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia adalah negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia.2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999). kondisi mangrove Indonesia baik secara kualitatif dan kuantitatif terus menurun dari tahun ke tahun. Tercatat sekitar 48 persen atau seluas 4,51 juta hektar rusak sedang dan 23 persen atau 2,15 juta hektare lainnya rusak berat. Kerusakan hutan mangrove di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh ulah manusia. Baik berupa konversi mangrove menjadi sarana pemanfaatan lain seperti pemukiman maupun industri. 



Apa benar tambang emas terbesar di dunia ada di Indonesia?

Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah tambang emas Grasberg. Tambang Grasberg adalah tambang emas terbesar di dunia yang berada di Papua. Jangan senang dulu, tambang ini dikuasai PT freeport yang berbasis di Amerika Serikat. Ironis, masyakarat Papua tidur di atas emas, tapi kehidupan mereka masih miskin. 


Apa benar Indonesia adalah negara tertua ke 70 di dunia?


Merdeka sejak 17 Agustus 1945, Indonesia adalah negara tertua ke 70 di dunia. Kalau dihitung usia Indonesia sudah menjelang 67 tahun. Tapi dibalik hal itu, ternyata Indonesia kalah dengan negara yang notabenenya lebih muda dari Indonesia. Lihat saja Malaysia, mendapatkan kemerdekaan pada 31 Agustus 1957 dari Britania raya, Malaysia kini sudah mengungguli Indonesia dalam hal memajukan negaranya. Bahkan Malaysia menargetkan menjadi negara maju pada tahun 2020. Bagaimana dengan Indonesia?



apa benar jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2015 diperkirakan mencapai 100 juta pengguna?


Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Hasil riset terbaru menyebutkan pengguna internet di Indonesia kini mencapai 45 juta pengguna.pengguna. Bahkan  internet wilayah Jakarta ditetapkan sebagai pengguna Internet dan Twitter terbesar di Asia. Pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 100 juta pengguna. Ya, tingginya pengguna internet di Indonesia memang berdampak positif sekaligus negatif bagi masyarakat. Penggunaan internet untuk bidang pengetahuan pasti akan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Tapi, pernahkan kita berpikir apa yang diakses 45 juta pengguna internet di Indonesia? Maraknya penyalahgunaan internet di Indonesia sudah menjadi perhatian khusus bagi pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi.  Mari kita kembalikan masalah tersebut ke pribadi kita sendiri. 



Apa benar Indonesia adalah negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia?


Indonesia adalah negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dan disusul Malaysia. Jumlah produksi minyak kelapa sawit Indonesia pada 2011 adalah sebanyak 25,2 juta ton, sedangkan untuk Malaysia hanya sebanyak 18,8 juta ton. Terlepas dari hal tersebut, perusahaan kelapa sawit di Indonesia kini sedang sering disorot media. Ya, perusahaan sawit di Indonesia dituding menyebabkan kerusakan hutan yang sedang marak terjadi di wilayah Indonesia seperti Kalimantan dan Sumatera dengan merusak hutan untuk memperluas kebun kelapa sawit. Akibatnya, hutan Indonesia pun rusak, ekosistem terganggu dan mengancam keberadaan fauna di Indonesia. Belum lagi kasus yang kini sedang hangat dibicarakan, kasus perebutan lahan warga dan perusahaan sawit di Mesuji, Sumatera Selatan yang berakhir dengan tewasnya beberapa warga. hmmm... turut prihatin



Artikel ini saya tulis untuk mengingatkan kepada pembaca untuk tidak melihat keunikan Indonesia dari satu sisi saja, kita perlu melihatnya dari sisi yang lain. Yang jelas sudah tugas kita menjaga dan melestarikannya.


Artikel Terkait:



/span

8 komentar:

  1. dobel jempol buat yang nulis, kebanyakan orang cuma posting keunikan Indonesia tanpa melihat sisi yang lain tentang keunikan tersebut...

    BalasHapus
  2. dan keunikan lainnya bangsa indonesia adalah bangsa yang paling banyak koruptornya dari tingkat desa sampai ibukota

    BalasHapus
  3. dan keunikan lainnya bangsa indonesia adalah bangsa yang paling banyak koruptornya dari tingkat desa sampai ibukota

    BalasHapus
  4. yusuf kurniawan10 Maret 2012 17.58

    posting yg sangat bagus .

    negeri kita adalah negerei yg kaya raya . berhentilah mengkritik , jika memang beberapa dari kita menganggap pemerintah tdk tanggap , sudah saatnya kita yang harus bergerak untuk ikut memajukan negeri kita INDONESIA dari setiap porsi yg bisa kita lakukan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan teori ajah mana praktek nya

      Hapus
  5. mayoritas dari kita suka sekali mengkritik negara sendiri dan menyalahkan pemerintah

    BalasHapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya