Sabtu, 16 Juni 2012

Berkomentar Baik di Internet

                                                                                                         kaskuskadra.com
Howdy-Net - Setelah media cetak, media elektronik, kini banyak bermunculan media online di internet. Media online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media cetak dan media elektronik. Salah satunya adalah media online memungkinkan interaksi dua arah antara penulis dengan pembaca melalui kolom komentar yang disediakan. Jadi, pembaca dapat langsung memberikan komentar mereka tentang informasi yang mereka baca dengan mudah. Pembaca sering memberikan komentar yang bernada positif tapi tidak jarang pula memberikan komentar yang bernada negatif seperti komentar yang bermuatan unsur sara/menghina pihak lain. Mari biasakan berkomentar yang baik di internet. Bagaimana?



Hargai penulis, sudah sepantasnya kita memberikan komentar terhadap sebuah tulisan dengan santun. Hal itu dilakukan untuk menghargai penulis tulisan tersebut yang telah susah payah menuliskan informasi dalam website maupun blog pribadi. Hindari komentar yang bernada kasar karena hal itu dapat menyinggung penulis. Jika kita tidak sependapat dengan isi tulisan, utarakan pendapat anda dengan tetap menghargai isi tulisan penulis.

Hindari komentar yang menghina pihak lain, komentar yang bermuatan hinaan terhadap pihak lain sangat beresiko menyebabkan konflik. Belakangan ini, tidak jarang konflik yang terjadi berawal dari komentar di internet yang menghina pihak lain. Apalagi jika komentar yang berisi hinaan tersebut ditujukan kepada aparatur pemerintah. 

Berpikir dulu sebelum komentar, sebelum memberikan komentar di media online alangkah baiknya jika kita memikirkan isi komentar yang akan kita berikan apakah komentar tersebut layak diutarakan atau tidak. Jadi, think it, before comment it

Jadikan sebagai ajang diskusi, kolom komentar yang disediakan dapat kita jadikan sebagai ajang diskusi dengan pembaca lain mengenai tulisan yang ditampilkan. Hal itu dapat menjadikan kita kritis terhadap berbagai persoalan. 

Komentar yang baik adalah komentar yang membangun bukan sebaliknya. Sudah sepantasnya kebiasaan berkomentar yang baik di internet untuk dibiasakan oleh setiap pengguna internet. *)Yusuf Harfi

6 komentar:

  1. Kadang komentar itu disalah gunakan untuk menyebar link atau spam. Jadi, harus sering2 difilter biar ga mengganggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gak jarang komentar dimanfaatkan untuk menyebar link.. saya juga kurang suka

      Hapus
  2. Setuju sekali Sob. Jadi kalaupun komentar kita berisikan suatu kritik atau saran, akan lebih baik apabila tetap disampaikan dengan bahasa yang sopan agar tidak menyinggung pihak-pihak tertentu. Benar begitu kan Sob...?

    Oh ya, btw salam berbagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam berbagi:) Sudah seharusnya seperti itu, etika berlaku dimana saja dan kapan saja termasuk di dunia maya.

      Hapus
  3. Bermanfaat atas informasi yang telah disampaikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasiih:)
      mari biasakan komentar yg baik

      Hapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya