Minggu, 20 Oktober 2013

Mengejar Layang-layang di Pantai Glagah

                                                                                                                         thehowdyindonesia.com/ Yusuf Harfi
"Tiga.. Dua.. Satu.. Fly! Oohhh.. Gagal! Ayo ulangi lagi, cepat atur posisi. Penonton tolong jangan dekat-dekat. Beri ruang! Ayo beri ruang! Sudah siap? Oke kita hitung mundur. Tiga.. Dua.. Satu.. Fly! Yakk, inilah dia peserta Dragon Kite nomor 13 asal Cilacap"

Sorak sorai tepuk tangan penonton meriah. Layang-layang berbentuk naga milik peserta asal Cilacap sepanjang hampir 150 meter itu akhirnya berhasil dengan gagah menghiasi langit Pantai Glagah, Minggu siang (20/10). Inilah bagian kecil dari kemeriahan Festival Layang-layang Nasional 2013 di Pantai Glagah, Kulon Progo.

Suhu udara hari ini 35 derajat celcius. Wilayah Yogyakarta memang sedang waspada cuaca ekstrim. Tidak terkecuali wilayah Pantai Glagah. Seolah tidak peduli, ribuan orang masyarakat Kulon Progo dan luar daerah menyempatkan diri tumpah ruah sejak festival ini digelar sejak kemarin.

Ratusan layang-layang dari berbagai jenis sudah dinaikkan ke langit Glagah selama 2 hari festival ini berlangsung. Dari ukuran yang kecil hingga raksasa, dari yang pendek hingga yang mengular puluhan meter. Dari Kulon Progo, Sleman, Tulungagung, Cilacap, Kebumen hingga daerah lain di Indonesia. Sungguh merupakan hiburan yang cocok di akhir pekan bersama keluarga.

"Layang layang adalah permainan rakyat tradisional yang telah ada sejak abad ke-17 ternyata bisa memberikan daya tarik wisata dan ini memeberikan angin segar bidang pariwisata," Kata Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.Sutedjo setelah membuka festival ini.

Festival Layang-layang Nasional merupakan agenda kegiatan Dinas Pariwisata Kulon Progo. Festival ini sukses digelar kedua kalinya setelah tahun lalu juga digelar di tempat yang sama.  Terbukti, dengan adanya festival ini mendongkrak pariwisata Kulon Progo. Sampai jumpa tahun depan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya