Selasa, 16 Oktober 2012

Resensi: Jadi Jurnalis itu Gampang!!!


                                                                imamfrkusumaningati.wordpress.com
Howdy-Book - Fenomena Citizen Journalism atau jurnalisme warga kini sedang marak dan berkembang pesat di Indonesia. Seiring majunya teknologi komunikasi sekarang ini telah memunculkan fase baru di era informasi dengan adanya keterlibatan masyarakat sebagai penyaji informasi, bukan hanya sebagai konsumen informasi. Meskipun sudah ada sejak dulu, istilah citizen jurnalism kini sedang sering diperbincangkan. Melalui citizen jurnalist, masyarakat seolah menjadi seorang jurnalis yang menyajikan informasi. Kini, buku yang mengupas tentang fenomena citizen jurnaslism pun bermunculan, salah satunya adalah buku karangan mahasiwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Imam FR Kusumaningati yang berjudul "Jadi Jurnalis itu Gampang!!!"


Judul ini sangat menarik bagi siapa saja yang membacanya. Buku ini sangat cocok bagi pembaca yang ingin menjadi pewarta alias jurnalis. Tepatnya Citizen Jurnalist atau bahasa mudahnya jurnalis warga. Buku ini mengulas tentang serba-serbi ringkas tentang Citizen Journalism dan panduan praktis menjadi Citizen Jurnalist untuk pemula/

Dalam benak pembaca yang belum tahu apa itu Citizen Journalism, biasanya akan muncul pertanyaan seperti: Apa itu Citizen Journalism? Sedangkan bagi pembaca yang telah mengetahui apa itu Citizen Journalism, biasanya akan muncul pertanyaan dalam benak mereka: Apa saja yang termasuk dalam Citizen Journalism? Apa bekal yang dibutuhkan oleh seorang Citizen Jurnalist? Bagaimana tips membuat karya Citizen Jurnalist yang baik? Buku ini ditulis seorang penggiat Citizen Journalism yang kini masih berstatus mahasiswa Jakarta. Namanya Imam FR Kusumaningati.

Melalui buku ini, Imam mengajak pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Citizen Journalism. Dengan bahasa yang ringan, Imam mencontohkan beberapa peristiwa yang berhubungan dengan Citizen Journalism (Hal 2).

Dalam bukunya, Imam menegaskan bahwa menjadi seorang Citizen Jurnalist memerlukan bekal untuk mendapatkan karya yang baik. Bekal yang dimasksud ialah bekal alat, buku catatan, dan kamera. Imam menceritakan pengalamannya meliput keseharian anak jalanan di Jakarta dengan hanya berbekal kamera HP.

Jika dilihat, Citizen Journalism erat kaitannya dengan kegiatan menuliskan sebuah tulisan yang nantinya akan sampai ke orang lain. Tak lupa Imam memberikan tips-tips menulis untuk menghasilkan hasil tulisan yang baik (Hal 39).

Bahasa yang dituliskan Imam dalam tulisan di buku ini mudah dimengerti, karena ditulis dengan gaya personal. Hingga pada akhirnya jika pembaca telah membaca keseluruhan buku ini, pembaca akan merasakan bahwa menjadi seorang jurnalis bukanlah hal yang sulit (Resensator: Yusuf Harfi)

Artikel Sebelumnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya