Minggu, 02 Desember 2012

"Ngeblog" atau "Ngetweet"?

                                                                                                          edudemic.com
Howdy-Net - Blog dan Twitter adalah media yang tidak dapat dipisahkan di dunia internet. Keduanya merupakan fasilitas yang memungkinkan penggunanya untuk menuliskan tulisan-tulisan berupa ide atau argumen secara online. Fasilitas yang disediakan blog dan twitter tidak sama. Bagaimana pamor blog dan twitter saat ini?



Blog dan twitter memang tidak sama. Perbedaan yang mencolok adalah jumlah karakter yang dapat dituliskan dalam sebuah postingan.


Blog memungkinkan penggunanya untuk menulis dengan jumlah karakter yang panjang, sesuai dengan keinginan blogger (istilah pengguna blog) sedangkan twitter yang notabenenya merupakan microblog tidak memungkinkan penggunanya untuk menulis dengan jumlah karakter yang panjang, dalam sebuah kicauan (tweets) hanya memungkinkan 140 karakter. Sangat berbeda dengan blog.

Blog mulai banyak digunakan pada tahun 2006. Pada saat itu blog sangat populer. Banyak blogger bermunculan dengan bermacam-macam jenis blog yang berbeda. Banyak blogger mengaktualisasikan ide dan gagasannya lewat blog. 

Kini, kecenderungan ngeblog (menulis blog) tidak sepopuler dulu. Orang lebih cenderung senang menulis di microblog, dalam hal ini adalah twitter. Kemampuan menulis dan membangun sebuah blog memang tidak dimiliki setiap orang. Berbeda dengan ngetweet (menulis di twitter), karakter seorang conversationalist atau karakter orang yang suka bercakap-cakap menjadi tren di twitter. Sehingga mereka tidak perlu menulis banyak di twitter.

kecenderungan menulis di microblog seperti twitter ini muncul sebagai tren baru bagi mereka pengguna internet yang tidak tahan membaca tulisan-tulisan yang panjang seperti halnya di blog.

Blog yang dulu sangat populer kini pamornya pun menurun, banyak blogger yang lebih sering aktif ngetweet daripada ngeblog, walaupun ada blogger yang memanfaatkan twitter untuk mengembangkan blognya. Di pihak lain, twitter kini semakin naik pamornya. Siapa yang dapat mengelak, bahkan para pengguna twitter dapat ngetweet ratusan tweet dalam sehari. *)Yusuf Harfi/The Howdy Indonesia

Artikel Sebelumnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya