Minggu, 03 Februari 2013

'Belah Durian' ala Banjaroya

                                                                                                                                            Yusuf Harfi/ The Howdy Indonesia
Howdy-Travel - "Kalau dari segi rasanya, saya pikir Durian Menoreh lebih baik dari Durian Thailand", itulah komentar yang dilontarkan seorang pakar kuliner terkemuka,William Wangsa di sela-sela kunjungannya di Festival Durian Menoreh di Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo (3/2).



Bertempat di Rest Area Pasar Bendo Kalibawang, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk kedua kalinya kembali menggelar Festival Durian Menoreh. Berbicara tentang durian, wilayah Kalibawang memang terkenal sebagai sentra Durian Menoreh di Kulon Progo. Pembudidayaan Durian varietas ini dilakukan di lahan sekita lereng Bukit Menoreh, sehingga Durian ini pun dinamakan Durian Menoreh.

                                                                                                                                           Yusuf Harfi/ The Howdy Indonesia

Rasanya yang legit membuat durian jenis ini dicari banyak penggemar durian dari berbagai wilayah di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Tidak heran, ribuan pengunjung dari berbagai wilayah tumpah ruah menyerbu pagelaran festival ini.

Kami datang pukul 11.00 WIB, area festival sudah dipadati banyak pengunjung. Pakar kuliner, William Wangsa hadir diantara ribuan pengunjung. Kami beruntung dapat mewawancarainya.

"Festival ini baik, tapi lebih baik lagi jika pemda menentukan branding yang baik agar durian daerah ini bisa dikenal", ungkap William.

                                                                                                                                           Yusuf Harfi/ The Howdy Indonesia
William menambahkan jika Durian Menoreh lebih baik dari segi rasa dengan durian lain. Ia membandingkan Durian Menoreh dengan Durian Thailand. "Rasanya lebih baik dari Durian Thailand, tapi dari kualitasnya durian lokal kita masih kalah dengan durian impor. Saya sudah mencoba satu, kualitasnya tidak sebanding dengan harganya. Tapi jika dikembangkan dengan baik, durian lokal kita bisa bersaing dengan durian impor", Katanya.



Bupati Hasto yang juga hadir di tengah pengunjung menyempatkan diri menyapa pedagang. Pemkab Kulon Progo melalui dinas pertanian memang berencana mengembangkan kawasan Banjaroya menjadi sentra industri durian yang berkualitas. (Yusuf Harfi/The Howdy Indonesia)


Artikel Sebelumnya:

6 komentar:

  1. keren ada william wangsa kesasar sampe kulonprogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya dia kbtulan lg di jogja jd mampir ke kalibawang

      Hapus
  2. ijin ngutip nggo ujian praktek bro :D

    BalasHapus

Saya harap anda puas membaca tulisan saya seperti halnya saya puas saat menulisnya.

You are what you write! Komentarmu mencerminkan isi otakmu. Mari bergabung bersama kami membudayakan berkomentar baik di internet. Jika tulisan diatas bermanfaat, sampaikan pada teman anda. Jika tidak, sampaikan pada saya